Jenis-jenis keyboard beserta fungsi,pengertian,kelebihan & kekurangan

Pengertian Keyboard

  Keyboard adalah perangkat keras/hardware yang memiliki berbagai macam tombol yang digunakan untuk menginputkan perintah,huruf,angka,dan simbol gan.

 Fungsi dari keyboard

  Keyboard memiliki fungsi untuk menginputkan/memasukkan perintah,huruf,maupun angka gan.

Jenis-jenis keyboard

 Berikut ini merupakan jenis-jenis keyboard gan.

Berdasarkan Konektivitasnya 

  1.Keyboard USB  
Hasil gambar untuk keyboard usb
 Keyboard jenis ini menggunakan port USB sebagai Konektivitasnya,Sehingga hampir semua orang dapat memasangnya ke PC dengan mudah gan.Karena port USB sendiri banyak digunakan pada berbagai macam perangkat keras seperti: modem,flashdrive,mouse,dan lain lain.
  • Kelebihan : Mudah dicolokan ke PC,dan jarang kerusakan pada port
  • Kekurangan : kabel gampang lepas dari PC,jika kabel dipotong maka tidak dapat digunakan lagi gan hihihi
   2.Keyboard PS/2

Hasil gambar untuk keyboard ps2
  Keyboard Jenis ini menggunakan konektivitas PS/2 gan.Port ini sendiri memiliki bentuk lingkaran dengan jarum/pin konektor didalamnya,por ini cukup sulit digunakan karena kita harus mengepaskan pin dengan port yang ada di PC,jika salah posisi maka pin konektor dapat patah gan,jadi kita hurs hati-hati dalam memasang port ini.
  • Kelebihan : Harga dari keyboard ini lebuh murah
  • Kekurangan : Jika posisi pin dengan konektor di PC kurang tepat dapat mengakibatkan pin patah sehingga tidak dapat digunakan lagi jika sudah gini gan maka harus beli lagi.
 3.Keyboard wireless

Hasil gambar untuk keyboard wireless
  Keyboard jenis ini tidak menggunakan kabel dalm konektivitasnya melainkan menggunakan jaringan nirkabel seperti wi-fi,bluetooth,dan infrared.Meski demikian,keyboard ini juga membutuhkan unit penerima yang biasanya dihubungkan ke PC melalui port USB dan unit pemancar biasanya sudah terdapat pada keyboardnya gan.
  • Kelebihan : User tidak diribetkan dengan penggunaan kabel yang kadang semrawut dan membuat tampilan menjadi rapih
  • Kekurangan : harga dari keyboard ini tergolong mahal, dan boros penggunaan baterai.

Berdasarkan Fungsinya

  1.Keyboard standard
Hasil gambar untuk keyboard usb  


  






Keyboard ini merupakan keyboard yang sering dijumpai di pasaran,Diwarnet maupun di home PC gan.Keyboard ini biasanya berfunsi sebagai tugas untuk pengetikan dan lain lain
  •  Kelebihan : Harga terjangkau,mudah ditemukan
  •  Kekurangan : Mudah rusak jika digunakan terlalu over seperti dibanting anak gamer warnet alay ketika kalah gan hihi
  2.Keyboard Gaming
  

Hasil gambar untuk keyboard gaming armaggedon
Keyboard jenis ini memiliki fungsi yang sama seperti keyboard pada umumnya tetapi keyboard ini memiliki sedikit perbedaan dengan keyboard yang lain yaitu memudahkan gamer dalam urusan game gan.
  • Kelebihan : Tahan banting sehingga cocok untuk warnet gaming yang pengunjungnya gamer alay sehingga keyboard tidak gampang rusak
  • Kekurangan : Keyboard jenis ini mahal gan

Keyboard dari segi tombol

  1.Keyboard QWERTY
 Hasil gambar untuk keyboard qwerty
  Nama keyboard ini diambil sesuai dengan 6 huruf berurutan di baris pertama keyboard tersebut.Keyboard ini di desain sedemikian rupanya sehingga key yang paling sering di tekan terpisah letaknya sejauh mungkin untuk mempermudah pengetikan dan meminimalkan kesalahan ketikan (typo) pada saat seseorang sedang mengetik gan.
  • Kelebihan : Keyboard ini memudahkan pengetik dalam mengetik dan keyboard jenis ini merupakan keyboard yang mendominasi di pasaran sehingga mudah ditemukan
  • Kekurangan : Bagi pemula yang belum terbiasa menggunakan keyboard jenis ini maka mereka akan menemukan kesulitan dalam mengetik
 2. Keyboard numeric
 
Hasil gambar untuk keyboard numeric
   Keyboard ini biasanya digunakan untuk memasukan jumlah bilangan yang cukup besar.Tombol-tombolnya pun mudah dijangkau gan.Keyboard ini juga dapat dipakai pada laptop yan tidak memiliki numeric key.
  • Kelebihan : Keyboard jenis ini fleksibel dan mudah digunakan.
  • Kekurangan : Tidak dapat memasukan karakter alphabet karena tidak dilengkapi tombol alphabet
 3.Keyboard Dvorak
  Hasil gambar untuk dvorak keyboard
 Dengan susunan huruf yang ada di keyboard ini, tangan kanan akan lebih banyak bekerja ketimbang dengan tangan kiri. Selain itu, sekitar 70 persen dirancang agar ketukan jatuh pada home row sehingga dapat mengurangi kelelahan dalam pengetikan.
 Keyboard jenis ini kalah populer dengan keyboard jenis QWERTY karena keyboard ini rata-rata dipakai oleh orang Amerika sehingga keyboard ini menjadi "American Style" gan.
  • Kelebihan : Tidak mudah membuat jari dan pergelangan menjadi lelah
  • Kekurangan : Keyboard ini sulit digunakan oleh pengguna yang sulit beradaptasi
 4.Keyboard Klockenberg
 Hasil gambar untuk keyboard klockenberg
 
Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard sebelumnya yang sudah ada, dalam artian dibagi menjadi dua bagian, bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.

Keyboard ini dibuat lebih dekat atau lebih tipis dan dekat dengan meja, sehingga terasa lebih nyaman.

Tata letak pada keyboard ini tidak hanya mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan. Akan tetapi juga mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, sebab terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikan relatif lebih banyak untuk memakan ruang.
  •  Kelebihan : Nyaman dalam penggunaan,tidak membuat otot pegal
  • Kekurangan : Merepotkan user ketika akan dibawa bepergian karena terdiri dari 2 keyboard
 5.Epic-bluetooth virtual keyboard
  Hasil gambar untuk Epic-bluetooth virtual keyboard
   Keyboard ini memiliki desain yang cukup futuristik.Keyboard ini berbentuk epic bluethooth virtual, dan muncul dengan laser di daerah datar seperti halnya senter.
   Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone ataupun tablet. Bentuknya seperti QWERTY dan memungkinkan user bisa mengetik dengan 350 karakter permenitnya
  • Kelebihan : Keyboard mudah digunakan,praktis,portable.
  • Kekurangan : Harga masih mahal,jarang digunakan,mungkin karena menggunakan teknologi laser yang memanfaatkan cahaya sehingga keyboard ini susah digunakan ditempat yang terlalu terang/outdoor.
Berhubung saya nulis postingan ini di warnet,sehingga saya tidak dapat meneruskan tentang membahas jenis keyboard,mungkin besok saya akan meneruskan postingan ini gan,Terima kasih telah membaca postingan  amburadul ini gan hihi.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Jenis-jenis keyboard beserta fungsi,pengertian,kelebihan & kekurangan"